Thursday, July 12, 2012

3 Langkah untuk Melindungi Mac Anda dari Malware



Apple telah memperkenalkan jajaran mesin yang mengesankan, dan pangsa pasar yang tidak diragukan akan terus berkembang. Itu kabar baik bagi Apple, tapi berita buruk untuk keamanan perangkat kita. Semakin pengguna memilih untuk beralih ke produk Apple, semakin tinggi kemungkinan malware jahat untuk mengikuti.
Kami telah mengumpulkan beberapa tips sederhana dan update untuk melindungi Mac Anda dari ketidakpastian keamanannya. Singkatnya, hal-hal yang perlu diwaspadai adalah update OS, penambahan fitur aplikasi yang lebih baik dan perlindungan antivirus.
Berikut adalah tiga langkah yang akan membantu melindungi Mac Anda.


1. Versi Selanjutnya dari Mac OS X
Apple tahu bahwa ia harus melindungi penggunanya. Versi berikut dari OS X membantu melindungi komputer yang rentan menjadi lebih baik dan lebih efisien. Sejak di release-nya OS X 10.5 Leopard, Apple menjadikan keamanan menjadi prioritas utama. Sekarang, 10.8 OX Mountain Lion berisi fitur keamanan yang lebih baik yaitu Gatekeeper, yang membantu mencegah pengguna dari men-download perangkat lunak berbahaya.


Apa yang perlu dilakukan : Selalu update OS Anda.


2. Sandboxing
Mencegah eksploitasi bukan hanya tentang sistem operasi. Apple mengambil langkah dengan menjadikan Sandbox sebagai fitur dari browser Safari untuk mencegah aplikasi  mengakses data yang tidak perlu pada komputer Anda.


Apple juga mengambil pelajaran dari IOS, yang belum teruji menghadapi serangan malware. Ke depannya, Apple akan membuat semua aplikasi di App Store dengan fitur  sandbox dan bersertifikat. Namun, aplikasi yang ada sebelum Juni 2012 tidak perlu sandbox dan relatif lebih aman.


Apple menetapkan standar yang ketat untuk hal keamanan, tetapi juga membuat developer aplikasi bertanya-tanya, apakah hal ini akan berdampak negatif kepada pengembangan aplikasi yang fleksible.


Apa yang perlu dilakukan : Gunakan/download aplikasi Mac yang telah disetujui oleh Apple untuk menghindari kebocoran lubang keamanan.


3. Software Antivirus
Kebutuhan perangkat lunak yang baik dan aman adalah pilihan yang tepat untuk pengguna mac biasa maupun untuk pemakaian yang lebih advance.


VirusBarrier X6 adalah perangkat lunak antivirus besar dibuat khusus untuk Mac, dengan biaya $ 49,95 untuk satu tahun dan dua perangkat yang ingin Anda lindungi.


Norton Antivirus 12 untuk Mac menyediakan satu tahun perlindungan sebesar $ 49,99. Dan versi terbaru dari McAfee Internet Security software melindungi satu Mac selama satu tahun dengan biaya sebesar $ 79,99.


Beberapa antivirus untuk Mac memang lebih mahal dari versi PC. Misalnya, Norton Antivirus dijual pada $ 39,99 untuk satu PC selama satu tahun, seperti halnya McAfee Internet Security.


Apa yang perlu dilakukan: Cari program Mac anitvirus yang sesuai dengan anggaran dan pengaturan sistem mac Anda.


Jadi, terserah Anda. Apa langkah-langkah yang Anda ambil untuk memastikan Anda dan komputer Anda dilindungi?


Source : www.mashable.com
Img source : http://arstechnica.com/apple/2008/04/mac-os-x-security/



No comments:

Post a Comment